Hakikat Problem Solving dalam Matematika


Terkisah, Einstein pernah berkata: Jika saya diberi waktu satu jam untuk menyelamatkan dunia, saya akan menggunakan 55 menit awal untuk memahami masalahnya dan 5 menit sisanya untuk mencarikan solusi.

Renungilah

Terkadang dalam meyelesaikan masalah dalam matematika, kita hanya berfokus pada jalan menuju solusi sehingga mengesampingkan pemahaman terhadap masalah itu sendiri. Sesungguhnya untuk mendapatkan solusi terbaik dalam soal matematika, pahami masalahnya, masuk ke dalam masalah, bongkar dari dalam, musnahkan masalahnya, dan selesai.

contoh: lihatlah soal di bawah ini

Jika dalam sebuah lemari terdapat banyak kaus kaki dengan bergam warna yaitu 365 putih, 1298 merah, 9400 biru, dan 1298^{365} hitam. Karena lampu padam, warna kaus kaki tidak dapat dibedakan. Berapakah kaus kaki minimal yang harus diambil agar setidaknya mendapatkan dua buah kaus kaki dengan warna yang sama?

Lihatlah, masalah di atas kelihatannya sulit karena menggunakan angka dengan nilai yang sangat tinggi. Namun, cobalah memvisualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari ketika anda memilih-milih kaus kaki di dalam lemari. Bukankah itu masalah sehari-hari?

Anda lalu teringat bahwa ketika anda mengambil kaus kaki (misalkan dalam lemari hanya ada kaus kaki hitam-putih) kadang anda mengambil dua kaus kaki masing-masing berwarna hitam dan putih. Itu tentu membuat anda kesal karena warnanya berbeda. Maka agar ada setidaknya dua buah kaus kaki berwarna sama anda harus mengambil tiga buah kaus kaki. Seperti itu juga dengan soal diatas.

Disebabkan karena dalam soal tersebut terdapat 4 jenis warna kaus kaki. Ya… dengan sederhana, dapat disimpulkan bahwa anda harus mengambil minimal 5 kaus kaki. ^ ^

About ardiantoarsadi

don't look for miracles it will come

Posted on Februari 17, 2010, in INSPIRASI. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. saya paham maksudnya

  2. Alangkah indah, makna penting tersirat di dalamnya

  3. betapa menarik nya matematika
    lbh banyak berdikir dari pada bergerak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: