Tips Searching Google


Banyak di antara kita sangat bergantung pada search engine seperti google. Namun, kadang-kadang, hasil pencarian tidak sesuai dengan yang kita inginkan.. Berikut adalah tips-tips bagaimana sebaiknya kita melakukan penulisan dalam google untuk pencarian yang spesifik.

  • Gunakan tanda (+) atau AND untuk kata yang HARUS ada di hasil yang diinginkan. Misalnya, ‘+blog+musik+animasi+film’..Jika seperti itu, maka hasil pencarian yang ditampilkan pasti mengandung keempat kata-tersebut.. Pencarian situs yang tidak mengandung salah satu kata saja (misalnya kata ‘animasi’ tidak ada), maka tidak akan ditampilkan. Untuk hasil yang serupa, kita dapat menggantinya dengan ‘AND’, seperti: blog AND musik AND animasi AND film.
  • Kebalikan dengan yang nomor 1.. Gunakan tanda (-) untuk kata yang TIDAK diinginkan. Misalnya ‘voodoo power -notpron’. Maka, pencarian yang mengandung kata notpron tidak akan ditampilkan.. Hasil serupa, tanda(-) dapat diganti dengan NOT.
  • Gunakan tanda (“”) jika menginginkan hasil yang sama persis dengan kata atau kalimat yang diinginkan. Misalnya: ‘ “tripel phytagoras dapat diperoleh dari formula berikut” ‘.. Efektif jika kalimat itu unik seperti istilah, peribahasa, kalimat yang copy paste, etc..
  • Gunakan define:[kata yang diinginkan] untuk mencari definisi suatu istilah. Misalnya: ‘define: phytagoras’, maka search engine akan mencari halaman web yang memuat definisi dari kata tersebut. Sedangkan jika menggunakan ‘define [kata yang diinginkan]’, maka akan ditampilkan daftar definisi yang berbeda dari berbagai sumber. Misalnya: ‘Define Housing’
  • Gunakan title:[kata yang diinginkan] atau dengan intitle:[kata yang diinginkan]. Dua sintaks di atas memungkinkan kita mencari halaman web berdasarkan judulnya. Misalnya, kita mengetik ‘ title:fashion ’ atau ‘ intitle:fashion ’, maka mesin pencari akan menampilkan halaman-halaman web yang judulnya mengandung kata ‘fashion’.
  • Gunakan sintaks ‘filetype:’ untuk mencari informasi berdasarkan tipe file. Misalnya, kamu ingin mencari informasi mengenai ‘tips menghasilkan uang lewat internet’ dan kamu ingin hasil pencarian kita bukan di halaman web, tapi dokumen berformat .doc, maka kamu bisa memasukkan ‘ +tips menghasilkan +uang melalui +internet filetype:doc ‘.
  • Sertakan tanda’~’ di depan kata jika kita ingin juga menyertakan pencarian yang bersinonim dengan kata yang kita ketik. Misalnya: ‘~fast food’.
  • Ketik ‘related: [web site]’ untuk mencari halaman web yang isinya mirip dengan web yang kita tulis. Misalnya: ‘related: http://www.gendou.com’…
  • Kamu juga dapat menggunakan gabungan dari tips-tips di atas sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang spesifik dan memuaskan, seperti mengetik ‘ +”Sandra Bullock” +movie –“lake house” ‘, search engine akan mengartikan bahwa kamu mencari “film Sandra Bullock selain lake house”.

    About ardiantoarsadi

    don't look for miracles it will come

    Posted on Desember 20, 2009, in INSPIRASI. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

    1. yang aku tahu tulisan besar maupun kecil tak berpengaruh

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: